Eye Care Softgel

Beberapa Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan


Pada kesempatan kali ini Blog Dian Herbal akan berbagi informasi mengenai Beberapa Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan yang pastinya perlu untuk anda ketahui.

Tidak sedikit orang yang suka mengkonsumsi jenis kacang ini, Bahkan kebiasaan orang Indonesia mengkonsumsi kacang merah dimasak dalam bentuk sup kacang merah, tahu tumis kacang merah dan berbagai bentuk olahan lainnya. Yang mana semua olahan tersebut bisa menjadikan si kacang merah makin terasa lezat dan enak untuk anda nikmati.

Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata banyak sekali manfaat yang terkandung dalam kacang merah. Kacang merah memiliki kandungan serat,potasium yang tinggi, zat besi, antioksidan folat, dan beragam mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi cukup kacang merah, seseorang mampu menurunkan risiko beragam penyakit yang bisa membahayakan nyawa.

Beriktu Adalah Beberapa Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan Yang Perlu untuk Anda Ketahui :

Beberapa Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

1. Mampu Menurunkan Resiko Kanker
Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, bahwa pada kacang merah mengandung serat yang dapat membantu dalam menurunkan risiko kanker. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam kacang merah yang terbilang tinggi juga bisa membantu Anda dalam mengurangi risiko terkena kanker. ( Baca Juga : Cara Mencegah Kanker )

2. Baik untuk Kesehatan Jantung
Kandungan potasium yang tinggi pada kacang merang memiliki manfaat yang sangat baik sekali untuk jantung Anda. Mengkonsumsi cukup potasium dapat membantu jantung berdetak dengan baik jika Anda memiliki masalah dengan ritme jantung. Artinya cukup potasium juga membantu jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Jumlah konsumsi potasium per hari yang disarankan adalah 4700mg. Sedangkan di dalam 100gram kacang merah setidaknya terdapat 1406mg. ( Baca Juga : Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Jantung )

3. Baik untuk Penderita Diabetes
Kacang merah dapat membantu penderita diabetes untuk mengendalikan tingkat gula darah, serta rendah indeks glikemik. Ternyata kandungan seratnya yang membantu mengontrol gula darah dalam tubuh. Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi kacang merah kalengan tanpa sodium atau kacang merah kering setiap minggunya. ( Baca Juga : Gejala Diabetes )

4. Mampu Melancarkan Sistem Pencernaan
Pada kacang merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga serat tersebut bisa merangsang terhadap gerak peristaltic yang terdapat pada saluran pencernaan dalam tubuh. Maka dari itu, Serat bisa membantu tubuh menghilangkan berbgai masalah pada pencernaan anda, layaknya seperti diare, kembung dan lainnya.

5. Meningkatkan Energi Tubuh
Kacang merah juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh karena kandungan zat besi pada kacang merah yang juga tinggi sehingga dalam takaran tertentu dapat memenuhi kebutuhan energi untuk melakukan aktivitas dalam keseharian. Setiap 1 porsi cangkir kacang merah yang telah dimasak, mengandung lebih dari 5 mg zat besi. Setara dengan 30 persen kebutuhan harian nutrisi. Energi pada proses metabolisme tubuh, juga membutuhkan zat besi.

Zat besi merupakan komponen turunan dari hemoglobin yang memiliki fungsi pada proses pengangkutan oksigen ke paru-parud dan keseluruh sel tubuh. Oleh karenanya, tujuan mengkonsumsi kacang merah secara rutin adalah juga untuk memperlancar peradaran darah dalam tubuh, saat semua sel menerima "jatah makanan" yang dibutuhkan, maka kerja mereka akan optimal dan tubuh serasa memiliki energi ekstra dalam menjalankan aktivitas sehari-hari

Itulah informasi mengenai Beberapa Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan yang dapat kita sampaikan. Semoga saja informasi yang telah disampaikan diatas ini dapat bermanfaat, sehingga anda dapat memanfaat kan kacang merah ini dengan baik.

Beberapa Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Beberapa Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan"