Gejala Serta Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Pada kesempatan kali ini blogdianherbal.blogspot.com akan berbagi informasi seputar Gejala Serta Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis yang perlu untuk anda ketahui.



Penyakit ginjal kronis (chronic kidney disease/CKD)  adalah kondisi saat fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Kondisi ini bersifat permanen. Status CKD berubah menjadi gagal ginjal ketika fungsi ginjal telah menurun hingga mencapai tahap atau stadium akhir.

CKD adalah penyakit yang umumnya baru dapat dideteksi melalui tes urin dan darah. Gejalanya yang bersifat umum membuat pengidap penyakit ini biasanya tidak menyadari gejalanya hingga mencapai stadium lanjut.

Pengidap Penyakit Ginjal Kronis di Indonesia
Penyakit ginjal kronis diderita sekitar 10% populasi dunia.  Tingginya jumlah penderita diabetes di Asia membuat gagal ginjal lebih umum terjadi pada penduduk Asia. Selain diabetes, tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu penyebab terkuat terjadinya penyakit ginjal kronis di Asia. Indonesia termasuk ke dalam 10 besar negara di Asia dengan kasus penyakit gagal ginjal tertinggi.

PERNEFRI (Perhimpunan Nefrologi Indonesia) dan Kementerian Kesehatan menemukan bahwa penderita gagal ginjal kronis di Indonesia mencapai 25 sampai 30 juta orang.

Selain itu, penyakit ini juga diasosiasikan dengan penuaan. Semakin tua, Anda semakin berisiko mengidap gangguan ginjal. Orang lanjut usia, dimulai dari 60 tahun, paling berisiko mengidap penyakit ginjal kronis. Diperkirakan satu dari lima pria dan satu dari empat wanita berusia 65 – 74 mengidap gagal ginjal dalam stadium tertentu.

Berikut Beberapa Gejala Serta Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis Yang Perlu untuk Anda Ketahui :


Gejala Gagal Ginjal Kronis
Umumnya tubuh dapat menoleransi berkurangnya fungsi ginjal, bahkan dalam skala besar. Situasi ini membuat pengidap penyakit ginjal kronis (chronic kidney disease/CKD) tidak merasa mengalami gejala apapun.

Jika salah satu ginjal Anda rusak, fungsi ginjal manusia masih tetap dapat terpenuhi hanya dengan satu ginjal lain. Fakta ini membuktikan bahwa manusia terlahir dengan kapasitas fungsi ginjal yang jauh lebih banyak dari yang sebenarnya dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Penurunan awal fungsi ginjal yang tanpa gejala ini membuat pengidap CKD kerap tidak segera menyadari penyakitnya. Perubahan fungsi ginjal umumnya baru dapat terdeteksi pasti dari pemeriksaan urin dan darah secara rutin.

Pengidap penyakit ginjal yang telah terdiagnosis akan menjalani pemeriksaan secara teratur untuk memantau fungsi ginjalnya. Pemeriksaan ini dilakukan dengan tes darah dan perawatan yang bertujuan mencegah agar penyakit tidak berkembang.

Tes darah dan pemantauan rutin ini juga berfungsi untuk mendeteksi jika ginjal mulai kehilangan fungsi dan mengarah pada gagal ginjal. Gagal ginjal menunjukkan gejala sebagai berikut:
  • Lebih sering ingin buang air kecil, terutama di malam hari. 
  • Kulit gatal.
  • Adanya darah atau protein dalam urin yang dideteksi saat tes urin.
  • Kram otot.
  • Kehilangan berat badan.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Penumpukan cairan yang mengakibatkan pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, atau tangan.
  • Nyeri pada dada, akibat cairan menumpuk di sekitar jantung.
  • Otot kejang.
  • Sesak nafas.
  • Mual dan muntah.
  • Gangguan tidur.
  • Disfungsi ereksi pada pria.
Pengobatan pada stadium awal penyakit ginjal kronis dapat mencegah timbulnya gejala-gejala di atas.

sumber : http://www.alodokter.com/gagal-ginjal-kronis/gejala

Kondisi-kondisi yang menekan ginjal menjadi penyebab utama terjadinya penyakit ginjal. Penyakit ginjal terutama disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau hipertensi dan diabetes. Sekitar 25 persen kasus gagal ginjal diindikasikan terpicu oleh tekanan darah tinggi, sementara 30 persen terpicu oleh diabetes.

Ada beberapa kondisi lain yang lebih tidak umum, tapi juga berisiko menyebabkan penyakit ginjal kronis yaitu:
  • Gangguan ginjal polisistik: kondisi saat kedua ginjal berukuran lebih besar dari normal karena pertambahan massa kista. Kondisi ini bersifat diwariskan. 
  • Peradangan pada ginjal.
  • Infeksi pada ginjal.
  • Penyumbatan, seperti yang disebabkan batu ginjal atau gangguan prostat
  • Penggunaan rutin obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, seperti obat anti-inflamasi non-steroid (non-steroidal anti-inflammatory drugs/NSAIDs), termasuk aspirin dan ibuprofen.
  • Lupus eritematosus sistemik (kondisi saat sistem kekebalan tubuh menyerang dan mengenali ginjal sebagai jaringan asing).
  • Kegagalan pertumbuhan ginjal pada janin saat dalam kandungan.
sumber : http://www.alodokter.com/gagal-ginjal-kronis/penyebab

Pengidap kondisi-kondisi tertentu yang berisiko mengarah ke penyakit ginjal kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi disarankan untuk mewaspadai perkembangan penyakit mereka. Perubahan gaya hidup seperti pola makan sehat, berolahraga teratur, dan menghindari kelebihan konsumsi minuman keras akan membantu mencegah terjadinya gagal ginjal.

Selain informasi mengenai Gejala Serta Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis yang telah disampaikan di atas, kami juga ingin berbagi informasi seputar produk perawatan Ginjal berkualitas tinggi yaitu Kidney Care Capsule for Man dan Kidney Care Capsule for Women yang memiliki khasiat mampu menjaga kondisi ginjal agar tetap baik, serta mampu mengobati penyakit gagal ginjal kronis secara alami serta efektif dan aman. Kidney Care Capsule ini diproses dengan teknik pemisahan micrografity, ekstraksi dengan temperatur rendah dan teknologi nano untuk mengaktfikan molekul biologis guna menjamin khasiat mikro molekul suplemen dan waktu penyimpanan yang lebih lama.

Untuk informasi lebih jelasnya lagi mengenai suplemen herbal perawatan ginjal kidney care capsule, silakan Klik : Obat Penyakit Ginjal Kronis

Itulah informasi seputar Gejala Serta Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis yang dapat saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan di atas dapat membantu anda dalam memahami gejala serta penyakit ginjal kronis, sehingga anda dapat terhindar dari penyakit ginjal kronis.

Gejala Serta Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Gejala Serta Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Kronis"

Post a Comment