Bahaya Mengkonsumsi Narkoba Yang Perlu Diketahui

Bahaya Mengkonsumsi Narkoba Yang Perlu Diketahui,- Narkoba adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.


Banyak pengguna narkoba yang awalnya tergoda merasakan kesenangan sesaat atau sebagai pelarian dari masalah yang dihadapi. Ketahuilah bahwa efek narkoba dapat merusak kesehatan secara fisik dan kejiwaan.

Saat seseorang mulai mengonsumsi narkoba, terdapat kemungkinan besar untuk mengalami kecanduan. Makin lama, pengguna akan membutuhkan dosis yang lebih tinggi demi dapat merasakan efek yang sama. Ketika efek narkoba mulai hilang, pengguna akan merasa tidak nyaman akibat munculnya gejala putus obat dan akan ingin kembali memakainya.

Kecanduan narkoba dapat dialami oleh semua orang, baik itu anak anak, orang dewasa, wanita ataupun pria tanpa memandang golongan ataupun status ekonomi. Namun ada beberapa karakteristik yang lebih berisiko tinggi mengalami kecanduan narkoba. Misalnya seseorang yang memiliki riwayat keluarga pecandu, memiliki gangguan kesehatan mental, seperti depresi atau stres setelah mengalami kejadian yang traumatis. Selain itu, kurangnya keharmonisan hubungan dalam keluarga juga dapat menjadi faktor pemicu.

 

Berikut Beberapa Bahaya Mengkonsumsi Narkoba Yang Perlu Diketahui :

Narkoba merupakan obat berbahaya yang dapat mengganggu kondisi tubuh dan otak penggunanya. Bahkan narkoba dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalani hidup sehat dan mengambil keputusan yang benar. Pengaruh obat-obatan tersebut dapat berlangsung dalam jangka panjang.

Sebagai contoh, penyalahgunaan metamfetamina atau lebih dikenal sebagai sabu-sabu, opium, dan kokain, dapat menyebabkan berbagai efek buruk, termasuk perilaku psikotik, kejang-kejang, dan bahkan kematian akibat overdosis.

Sementara itu, efek jangka pendek ekstasi dapat menyebabkan dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit hingga menyebabkan penggunanya mengalami kejang-kejang, serangan panik, halusinasi, sakit pada dada dan perilaku agresif. Jika digunakan dalam jangka panjang dapat merusak otak.

Golongan obat-obatan asam gamma-hidroksibutirat dan rohypnol dapat mengakibatkan efek sedatif, kebingungan, kehilangan ingatan, perubahan perilaku, koordinasi tubuh terganggu dan menurunnya tingkat kesadaran. Pada dosis tinggi, obat ini dapat menyebabkan kejang, koma, dan kematian.

Penggunaan mariyuana atau ganja dapat menyebabkan efek samping halusinasi, muntah, peningkatan tekanan darah dan denyut nadi, gangguan kecemasan, kebingungan serta paranoia. Efek jangka panjang mariyuana adalah gangguan mental seperti depresi, skizofrenia dan gangguan kecemasan.

Konsumsi narkoba secara berulang dalam jangka panjang akan memicu perubahan pada sel saraf dalam otak, yang kemudian mengganggu komunikasi antar sel saraf. Bahkan setelah konsumsi dihentikan, efek tersebut akan memakan waktu untuk hilang.

referensi : http://www.alodokter.com/narkoba-bukan-solusi

Perlu diingat oleh kita semua, Narkoba bukanlah solusi untuk mengatasi masalah yang sedang kita hadapati. Justru Narkoba hanya dapat merusak tubuh pengguna dan hubungannya dengan orang di sekitar. Jangan pernah anda terarik untuk mencobanya walaupun hanya sedikit, karena sebagian besar kasus kecanduan narkoba diakibatkan oleh coba-coba.

Semoga saja dengan adanya informasi Bahaya Mengkonsumsi Narkoba Yang Perlu Diketahui ini dapat membuat anda tersadar akan bahaya dari narkoba dan dapat menjauhi narkoba.

Bahaya Mengkonsumsi Narkoba Yang Perlu Diketahui

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bahaya Mengkonsumsi Narkoba Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment