Eye Care Softgel

Beberapa Kandungan Manfaat Telur Ayam

Beberapa Kandungan Manfaat Telur Ayam,- Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya telur ayam. Telur merupakan salah satu sumber makanan yang sangat disukai oleh banyak masyarakat. Selain karena rasanya yang enak dan dapat diolah dengan berbagai cara, telur juga memiliki banyak kandungan manfaat yang berlimpah.


Telur dianggap sebagai salah satu sumber protein terbaik. Selain mengandung protein terbaik, telur juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan makanan sehat dan seimbang.

 

Berikut Beberapa Kandungan Manfaat Telur Ayam 

1. Baik untuk kesehatan mata
Kandungan karotenoid pada kuning telur ini sangat besar. Karotenoid merupakan pigment yang memberikan warna kuning pada kuning telur yang dapat membantu menurunkan resiko degenerasi penglihatan serta katarak pada mata. Selain itu antioksidan yang terdapat dalam telur juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak retina mata.

2. Menyehatkan jantung
Meski kuning telur mengandung banyak kolesterol, namun hal tersebut aman untuk jumlah tertentu, bahkan bagi penderita penyakit jantung sekalipun. Disarankan bagi penderita sakit jantung untuk mengonsumsi satu atau dua buah telur seminggu. Untuk Orang dengan kadar kolesterol normal disarankan untuk mengonsumsi telur satu hingga empat butir per minggu. Namun tidak ada batasan tertentu jika hanya mengonsumsi putihnya saja, karena putih telur tidak mengandung kolesterol.

Kuning telur sendiri mengandung lutein yang dianggap mampu menurunkan risiko mengalami penyakit jantung. Akhir-akhir ini juga telah banyak beredar telur yang diperkaya omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hingga kini manfaat omega-3 dalam telur masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut.

3. Menyuplai nutrisi bagi tubuh
Ada banyak nutrisi yang diberikan sebutir telur untuk tubuh. Antara lain terdapat vitamin A dan aneka mineral fosfor, zat besi, seng, serta DHA. Telur juga dianggap penting bagi diet seorang vegetarian karena mengandung vitamin B12 sehingga bisa menggantikan peran daging, ikan, dan produk susu.

Kuning telur juga mengandung vitamin D yang berperan penting dalam memperkuat tulang, gigi, dan mempermudah penyerapan kalsium. Salah satu kandungan kuning telur lainnya adalah kolin yang diprediksi mampu mengurangi risiko terjadinya cacat janin tertentu. Khususnya mengenai kolin, riset mendalam masih dibutuhkan untuk membuktikan kebenarannya.

4. Telur tidak meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah
Kolesterol yang dikandung telur, terutama dalam kuning telurnya, hanya sebagian kecil yang akan mencapai peredaran darah. Kolesterol dalam makanan dianggap tidak seberbahaya lemak jenuh dalam meningkatkan level kolesterol darah seseorang.

Sebagai catatan, lemak jenuh dalam telur yang berukuran besar hanya 1,6gr. Bandingkan dengan sesendok makan mentega yang mengandung 7gr. Banyak orang yang memalingkan diri dari telur karena sedang menjalani diet, namun nyatanya tetap melahap aneka makanan bermentega. Tentu saja jika dikaitkan dengan data di atas, maka hal tersebut keliru.

5.Membantu perkembangan otak
Salah satu bagian telur yang dapat membantu perkembangan otak adalah kuning telur karena mengandung vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga dapat membantu perkembangan otak pada janin jika dikonsumsi oleh wanita hamil.

6. Baik untuk diet
Dengan kandungan protein tinggi dan kalori yang rendah, telur bisa dijadikan camilan sehat bagi siapa pun yang sedang menjalani program pemeliharaan berat badan. Dengan kandungan 6 gr protein dan hanya 80 kalori dalam tiap telur berukuran besar, sebutir telur rebus cocok dijadikan camilan yang mengenyangkan.

Bagian putih telur hanya mengandung 15 kalori per butir telur. Selain bebas kolesterol, putih telur juga bebas lemak jenuh sehingga sangat ramah bahkan bagi pelaku diet ekstrem sekalipun.

referensi : http://www.alodokter.com/ & http://manfaat-telur.blogspot.com/

Selain beberapa manfaat diatas, Pada telur juga terdapat kandungan protein yang mampu membuat kita kenyang lebih lama. Telur memang banyak disarankan sebagai menu pelengkap gizi harian kita. Jadi tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi telur untuk mendapatkan manfaat telur untuk kesehatan secara maksimal.

 Itulah informasi seputar Beberapa Kandungan Manfaat Telur Ayam yang dapat saya sampaikan. Semoga saja informasi yang telah saya sampaikan ini dapat menambah wawasan anda mengenai manfaat yang terkandung dalam telur.

Beberapa Kandungan Manfaat Telur Ayam

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Beberapa Kandungan Manfaat Telur Ayam"

Post a Comment