Eye Care Softgel

Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Setiap bunda pasti menginginkan kehamilan yang sehat dengan memenuhi Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil yang memang sangat penting untuk kesehatan bunda dan janinnya. Nah pada kesempatan kali ini Blog Dian Herbal akan berbagi informasi mengenai Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Kehamilan merupakan proses pertumbuhan janin atau embrio di dalam rahim, kehamilan terjadi karena sel telur / ovum yang telah matang dibuahi oleh sel sperma, proses kehamilan umumnya berlangsung selama 40 minggu atau 9 bulan, pada wanita yang sedang hamil, biasanya akan disertai dengan perubahan-perubahan, baik secara fisik, psikis maupun tingkah laku. Asupan Nutrisi bagi ibu Hami juga harus terpenuhi, bertujuan menjaga kesehatan dan pemenuhan mineral bagi Ibu dan Janin.

Berkiut Beberapa Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil Yang Perlu Bunda Ketahui :


Asam Folat
Sejak awal hingga usia kehamilan 12 minggu, Anda dianjurkan untuk mangonsumsi suplemen asam folat sebanyak 400 mcg per hari. Anda juga membutuhkan asam folat alami yang disebut folat. Berbeda dengan asam folat yang takarannya sudah jelas, folat sendiri tidak memiliki takaran yang direkomendasikan. Sumber folat adalah sayuran berwarna hijau. Sebagian margarin dan sereal juga telah diperkaya dengan asam folat. Fungsi asam folat pada ibu hamil adalah mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf (cacat lahir).

Kalsium
Sebanyak tiga cangkir susu atau susu kedelai yang diperkaya kalsium per hari dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil. Pilihan lain untuk asupan kalsium adalah sarden atau jus jeruk yang telah diperkaya kalsium. Jika Anda menyukai keju sebagai pengganti makanan-makanan yang telah disebutkan, utamakan yang rendah lemak. Yogurt rendah lemak juga dapat menjadi pilihan yang baik. Sebab, satu cangkir yogurt memiliki kadar kalsium lebih banyak daripada secangkir susu.

Protein
Saat hamil, Anda memerlukan 70 gr protein setiap harinya. Anda bisa mendapatkan protein dari sumbernya, yaitu ikan, daging, telur, tahu, susu, kerang, dan yogurt. Kebutuhan akan protein ini dapat terpenuhi saat Anda mengonsumsi tiga hingga empat porsi protein setiap harinya. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu hamil, Anda dapat mengonsumsi dua cangkir yogurt, dua cangkir susu, dan 142 gram dada ayam.

Serat dan Vitamin
Pada saat hamil, setiap harinya Anda memerlukan 2,5 hingga 3 cangkir sayur dan dua cangkir buah untuk memenuhi kebutuhan akan serat. Serat pada sayur dan buah berguna untuk membantu sistem pencernaan. Bahan makanan ini juga mengandung berbagai mineral dan vitamin, seperti vitamin A dan C. Anda dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau untuk mendapatkan vitamin A, zat besi, dan asam folat. Agar tidak bosan dalam mengonsumsi serat, pilih buah dan sayur yang beragam, seperti apel, mangga, jeruk, ubi jalar, dan nanas.

Karbohidrat
Karbohidrat yang disarankan untuk ibu hamil adalah yang mengandung zat tepung, misalnya nasi, pasta, kentang, dan roti. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sumber karbohidrat sebanyak 7 hingga 11 porsi setiap harinya sesuai kebutuhan kalori harian Anda. Karbohidrat akan diubah menjadi energi untuk ibu hamil dan pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Lemak
Anda pun butuh lemak sebagai nutrisi ibu hamil. Tidak ada batas minimal lemak yang harus Anda konsumsi. Meski demikian, tentu saja tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, pilihlah sumber lemak nabati yang sehat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan avokad.

Alangkah baiknya, bagi para Ibu Hamil agar terlebih dahulu melakukan konsultasi kepada dokter kandungan ataupun dokter gizi, karena nutrisi ibu hamil dapat berbeda takarannya, tergantung kepada usia, berat badan, usia kehamilan, dan aktivitas fisik masing-masing ibu hamil. Selain itu, lakukan pula pemeriksaan ksehatan ibu dan Janin secara rutin.

Semoga saja informasi yang telah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi semuanya, khususnya bagi para ibu hamil, sehingga kandungannya dapat tetap sehat.

Artikel Kesehatan Lainnya :
  1. Obat Herbal untuk Menyembuhkan Flek Paru Paru
  2. Obat Kista Payudara Herbal
  3. Obat Penyakit Jantung Koroner Herbal
  4. Obat Herbal untuk Menyembuhkan Konstipasi
  5. Obat Multiple Myeloma Herbal

Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil"

Post a Comment